Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install Custom Recovery TWRP/CWM Tanpa PC

Banyak cara untuk memasang custom recovery TWRP maupun CWM, diantanya melalui recovery asli (bawaan), menggunakan aplikasi flashify, dengan tools PC, dan juga menggunakan aplikasi rashr yang akan kita bahas kali ini.
cara pasang twrp cwm tanpa pc


Sebelumnya, mungkin ada yang belum tau apa sih TWRP dan CWM itu ? dan fungsinya untuk apa ?

TWRP (Team Win Recovery Project) merupakan sistem untuk memperbaiki instalasi OS yang tampilannya dipermudah oleh pengembangnya dan bersifat open source (terbuka) yang dapat dioperasikan dengan layar sentuh (touchscreen).

Fitur yang terdapat pada TWRP sudah mendukung untuk instalasi custom ROM, Add-Ons, GAPPS, Kernel, dan juga mendukung untu backup, restore, system, boot, user data, cache, dalvik cache, dan penyimpanan internal serta dapat mentransfer file melalui MTP, file manager dan banyak kegunaan lainnya.

Biasanya untuk memasang TWRP kita harus membuka Bootloader (Unlock Bootloader) terlebih dahulu.

Untuk pengguna redmi 3, redmi note 3 pro, redmi 4a, redmi 4x, redmi 2, andromax a dan lainnya sudah banyak yang memasangnya.

CWM (Clock Word Recovery) adalah custom recovery yang menyerupai recovery aslinya (recovery bawaan pabrik), namun CWM memiliki lebih banyak fitur. Untuk mengoperasikannya menggunakan tombol volume dan power. CWM sudah banyak dipasang pada hp android samsung dan lainnya.

Cara Install Custom Recovery Via Rashr

Step 1 Ponsel android sudah dalam keadaan Rooted. Jika belum silahkan root hp sobat terlebih dahulu, banyak tutorial root untuk masing-masing hp sobat.

Step 2 Download aplikasi Rashr (ada juga di playstore).

Step 3 Siapkan file custom recovery (twrp/cwm/philz).
cara install twrp dengan pc

Step 4 Buka aplikasi rashr, izinkan pada popup perizinan superuser.

Step 5 Akan muncul popup warning pilih backup optional, atau pilih i know the risk untuk melanjutkan.
cara install twrp tanpa pc

Step 6 Pada menu utama rashr pilih menu "recovery from storage".

Step 7 Akan muncul popup file explorer sederhana bawaan rashr.

Step 8 Cari dan pilih file recovery yang sudah sobat siapkan tadi (file berformat .img) dan tunggu proses penginstalan recovery nya.
cara pasang twrp redmi

Step 9 Setelah proses penginstalan selesai, pilih Yes pada popup reboot in to recovery now.
cara install twrp via rashr

Mudah kan? Nah itu dia cara penginstalan atau pemasangan custom recovery twrp/cwm tanpa menggunakan PC. Jika masih bingung silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

3 comments for "Cara Install Custom Recovery TWRP/CWM Tanpa PC"

  1. The future is cross-chain and you can do that now a token bridge. A cross-chain bridge let's you launch your token on multiple blockchains and allow users send your tokens between chains. Launch your token on any EVM blockchain with our cross-chain bridge.Cross chain bridge development

    ReplyDelete
  2. You can create a TRC20 or TRC721 Token through our TRON token development services and they will work seamlessly with their Ethereum counterparts.Tron token

    ReplyDelete